Searching...
Minggu, 06 Mei 2012

Ibnu Sina

Minggu, Mei 06, 2012
Subhanallah Islam tidak pernah henti-hentinya melahirkan tokoh dalam peradaban dunia. Diantara nabi SAW, Khomawizi, Umar Ibnu Khatab, dll masih salah stunya yaitu Ibnu Sina

Pemuda kelahiran tahun 370 H/980 M ini dikenal sebagai Avicenna di Dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan juga dokter. Pemilik nama asli Abu Ali al Husayin bin Abdullah bin Sina (Abu ALi Sina) ini dikenal jugasebagai pengarang 450 buku seperti yang bersinggungan dengan kedokteran. Dan dinobatkan sebagai "bapak kedokteran modern". Dengan karyanya antara lain The Book of Healing, The Canon of Medicine dikenal sebagai Qanun (Al- Qanun fi Attib yang berarti ilmu pengetahuan dll.


Ibnu Sina

Ibnu Sina adalah anak yang sangat pandai. ia sudah menghafal Quran di usia 5 tahun. Ia juga seorang ahli puisi Persia. dan dia memulai belajar yang lain dari sarjana, yang memperoleh mata pencaharian dari merawat orang sakit. dia juga mempelajari filosofi dimana disana banyak rintangan.

Jika dia menemukan suatu kesulitan, entah dalam belajar, bekerja dll. Ia meninggalkan buku-buku tebalnya dan pergi berwudhu lalu pergi ke Masjid dan sholat terus sampai menemukan hidayah dari Allah SWT sampai ia kembali dapat menyelesaikan masalahnya. Pada larut malam ia melanjutkan pelajaranya.

Dia belajar kedokteran sejak usia 16 tahun, dan dia tidak hanya mengajar teori kedokteran, tetapi ia juga melayani orang sakit, menurut metodenya sendiri dari perhitungannya. Ditemukanlah cara/metode baru dalam kedokteran. Dengan menggunakan obat racikan sendiri yang sesuai. Beliau tidak pernah meminta imbalan.

Ibnu Sina wafat tahun 1037 M di Hamadan Iran. Beliau meninggal ketika sedang mengajar di sekolah. Karena mag kronis yang sedang ia derita tidak memungkinkan ia untuk mengajar. Tetapi ia tetap memaksakannya.

Sungguh mulia mati Ibnu Sina :)

0 komentar:

Flag Counter

free counters

Free Powerpoint Template

Free Powerpoint Template
by : http://4presentation.net