Searching...
Rabu, 29 Januari 2014

Penyakit, Gulma, Hama Pada Tumbuhan

Rabu, Januari 29, 2014

A.        Hama
Hama dapat berupa :
- Hewan mamalia (tikus, kera, gajah)
-Serangga (walang sangit, wereng, belalang, kumbang, kutu daun)
-Burung. Contohnya :
1. Walang sangit :
   Leptocorisa oratorius menyerang biji padiyang masih muda dan lunak, Akibatnya biji    menjadi kosong. Kadang berisi, tetapi isi cacat.

2. Ulat panggerek
    Merupakan fase larva dari metamorphosis kupu kupu  Scirpopharga innotata. Ulat ini merusak batang padi menyerbu titik tumbuh yang sedang disemai. Dapat berpindah, serangannya mengakibatkan daun baru tidak terbentuk dan pucuk daun kuning lalu mati.
 

B.         Penyakit
1.  Penyakit rebah kecambah
C.         Penyakit rebah kecambah adalah pembusukan yang terjadi pada leher akar      tumbuhan yang     baru tumbuh (sedang berkecambah). Disebabkan oleh serangan cendawan Plythium sp (Rizhoctamia solami). Akibatnya leher tumbuhan mengecil dan tak mampu menopang, akhirnya roboh.
 
D.        2.   Penyakit embun tepung
Menyerang biji yang sedang tumbuh. BIji pun keropos dan mati. Penyebabnya adalah Peronospora Parastica. Sering juga menyerang biji yang sudah berdaun pertama. Tumbuhan menjadi kerdil, bercorak hitam, produksinya rendah.

3.   Penyakit pada tumbuhan padi.
Penyakit ini menyerang ruas-ruas batang dan butir padi. Disebabkan cendawan Pylicularia oryzae. Akibatnya ruas-ruas batang mudah patah dan tanaman padi menjadi mati.
4.   Penyakit Mosaik tembakau.  
Virus TMV (tobacco mosaic virus) menyebabkan daun berbercak putih dan mutu daun rendah.

5.   CVPD
Citrus vein phloem degeneration (CVPD) penyakit yang menyerang pembuluh tapis dari tumbuhan jeruk (floem). Kuncup daun menjadi kecil, bewarna kuning. Penyakit ini karena bakteri

C.  Gulma
·    Jenis gulma: rumput-rumputan, alang-alang.                                                    

0 komentar:

Flag Counter

free counters

Free Powerpoint Template

Free Powerpoint Template
by : http://4presentation.net